Pindah Panel, PTPN VII Unit Padang Pelawi Gelar ‘Field Day’

0
127
Heria Kusworo
Manajer PTPN VII Unit Padang Pelawi Heria Kusworo bersama jajaran foto bersama dalam kegiatan Field Day

BENGKULU (mediaagro7.com)—PTPN VII Unit Padang Pelawi membuat tradisi baru pada salah satu proses budi daya karet. Pindah panel sadap, satu tahap dalam penggunaan kulit bidang sadap, diisi dengan acara field day atau temu lapang yang menghadirkan unsur pimpinan dan para pekerja lapangan.

“Kami rancang cara field day ini bertepatan dengan pindah panel sadap. Ini penting karena pemakaian kulit pada bidang sadap menjadi kunci pada budi daya karet. Di sini kita melakukan evaluasi bagaimana kawan-kawan penyadap dalam pemakaian kulit,” kata Heria Kusworo, Manajer PTPN VII Unit Padang Pelawi, Bengkulu, Rabu (14/10/20).

Sebanyak 25 orang penyadap dari Afdeling I yang mengeksploitasi pohon karet tahun tanam 2008 hadir pada acara itu. Selain manajer, seluruh staf di Unit, para asisten, para mandor, dan para perwakilan dari afdeling lain di Unit Padang Pelawi juga mengikuti agenda ini.

Heria Kusworo
Jajaran Manajemen PTPN VII Unit Padang Pelawi saat berdiskusi dalam kegiatan Field Day

Heria Kusworo mengatakan, temu lapang ini sangat penting sebagai kendali pada keseluruhan proses budi daya. Mantan Manajer Unit Musi Landas ini menyebut, disiplin penyadap dalam mengiris kulit secara efisien harus senantiasa dijaga agar umur produktif tanaman sesuai proyeksi.

“Pindah panel ini harus kita lakukan serentak. Tidak boleh ada penyadap yang tidak mengikuti SOP (standard operational procedure) sehingga pemakaian kulit menjadi boros. Nah, tradisi pindah panel dengan mengadakan acara ini menjadi penting karena setiap penyadap akan disiplin prosedur,” kata dia.

Field Day
Manajer PTPN VII Unit Padang Pelawi Heria Kusworo bersama jajaran saat kunjungan di Kebun

Acara yang dipandu Askep Tanaman Wilayah I, Hendra Prastiawan itu berlangsung hangat dan cair. Heria mengapresiasi para penyadap yang aktif dan cukup disiplin menjalankan tugasnya.

“Field day ini adalah salah satu cara pembelajaran yang efektif. Sebab, kita bisa melihat potret suatu kebun dengan lebih teliti, sehingga kekurangan yg terjadi bisa segera dibenahi. Kita harus jalankan sesuai prosedur standar PTPN VII.”

Acara diawali doa bersama, pengarahan manajemen, pembagian kelompok, dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Setelah mengetahui kondisi lapangan, semua peserta bertukar pengalaman dalam acara diskusi sehingga menemukan kesimpulan.

Field Day
Kegiatan Field Day di Kebun PTPN VII Unit Padang Pelawi

Saat diminta pendapatnya, Yulianto, salah satu penyadap yang ikut dalam field day itu mengatakan sangat setuju jika agenda ini dijalankan secara rutin. Pertemuan para pekerja yang dilakukan di kebun, kata dia, memberi suasana kekeluargaan yang bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab.

“Ya, bagus sekali kalau pertemuan seperti ini sering dilakukan. Sebab, walaupun kami setiap hari bekerja di kebun yang sama, jarang sekali bisa saling tukar pengalaman. Saya setuju kalau acara begini sering diadakan. Selain berbagi ilmu, kami juga bisa menyampaikan masalah yang ada di lapangan,” kata dia. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here