PTPN VII Way Berulu Unit Karet Berkinerja Terbaik PTPN Grup

0
110
Direktur PTPN VII Doni P.Gandamihardja melihat produk SIR (unit Way Berulu) didampingi SEVP Operation II Dikcy Dicky Tjahyono dan Manajer Unit Way Berulu Sugeng Budi Prasongko

BANDARLAMPUNG—PTPN Holding, BUMN Induk Perkebunan yang membawahkan 14 PTPN se Indonesia merilis data Unit Kerja berkinerja terbaik, Senin (17/8/20).

Hasil penilaian untuk Semester I/2020 menempatkan PTPN VII Unit Way Berulu (Lampung) sebagai unit terbaik I pada komoditas karet. Selain Way Berulu, PTPN VII juga menempatkan Unit Senabing (Lahat, Sumsel) sebagai terbaik ke-5 untuk komoditas yang sama.

Unit Way Berulu menjadi kampiun dari puluhan unit kerja yang mengusahakan komoditas karet di 10 PTPN dalam PTPN Grup. Di PTPN VII, ada 12 Unit yang mengusahakan karet. Sedangkan di PTPN Grup antara lain ada di PTPN I, PTPN II, PTPN III, PTPN V, PTPN VI, PTPN VIII, PTPN IX, PTPN XIII, dan PTPN XIV.

Pada rilis yang ditandatangani Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN Grup Mahmudi menyebutkan, penilaian dilakukan berdasarkan laporan beberapa pencapaian, yakni produksi terhadap RKAP, komitmen, produktivitas, rendemen (untuk tebu), berondolan (kelapa sawit), mutu produk, losses, dan harga pokok produksi.

Mahmudi mengatakan, tradisi pemeringkatan yang dilakukan setahun dua kali ini bertujuan untuk memacu kinerja setiap unit. Selain itu, kata dia, data dan fakta yang terdapat pada unit-unit yang memperoleh penghargaan akan menjadi acuan bagi unit lain untuk mempelajari keberhasilannya.

Selain komoditas karet, PTPN Holding juga memberi penghargaan kepada unit terbaik untuk komoditas kelapa sawit, tebu (gula putih) dan teh. Untuk komoditas kelapa sawit, yang terbaik adalah Unit Tamora dari PTPN V, komoditas tebu dari PG Prajekan PTPN XI, dan teh dari Kebun Malabar PTPN VIII.

Menanggapi apresiasi ini, Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN VII yang membidangi komoditas karet Dicky Tjahyono menyampaikan terima kasih. Ia mengaku, meskipun mendapat penghargaan kinerja terbaik I, pihaknya merasa masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pengelolaan dan menggali produksi.

“Atas nama direksi PTPN VII, saya menyampaikan terima kasih kepada PTPN Holding sekaligus ucapan selamat kepada seluruh pekerja di Unit Way Berulu dan Unit Senabing. Ini adalah penghargaan atas jerih payah bapak-ibu semua. Sedangkan kami direksi hanya supporting saja,” kata dia.

Dicky berharap, penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu bagi internal Unit Way Berulu, dan menjadi motivasi bagi 11 Unit lain di PTPN VII untuk mengejar prestasi. Ia menyebut, ketika ada yang berprestasi di sekitar kita, maka contoh terbaik untuk mengikuti jejak prestasinya.

Senada, Manajer PTPN VII Unit Way Berulu Sugeng Budi Prasongko juga menyampaikan terima kasih kepada PTPN Holding. Lebih khusus, ia sangat mengapresiasi seluruh tim manajemen di Unit Way Berulu, seluruh pekerja, dan stakeholder di Unit yang dipercayakan kepadanya untuk memimpin atas kerja kerasnya.

“Ini adalah penghargaan untuk kita semua, bukan untuk saya. Terima kasih atas kerja tim yang solid untuk mencapai produksi terbaik,” kata dia.

Sugeng menyatakan siap untuk terus mengawal produktivitas dan kinerja terbaik ini. Bukan semata untuk meraih penghargaan di periode berikutnya, tetapi lebih kepada pencapaian kinerja perusahaan agar segera bangkit kembali.

“Dengan niat baik, kerja keras, dan bersungguh-sungguh, kita yakin bisa,” kata dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here